Halloween party ideas 2015

Hari ini saya belajar tutorial yang menurut saya bagus untuk dibagi-bagi pada teman pengguna CorelDraw. Banyak yang mengaku bermasalah saat membuka file CorelDraw atau CDR karena adanya perbedaan versi pada CorelDraw yang digunakan.
File CorelDraw x7 tidak akan langsung bisa dibuka dengan versi lawas seperi CorelDraw 11 12 x3 x4 x5 ataupun x6
Mungkin diartikel blog web desain yang lain sudah membahas Bagaimana Cara Membuka File CorelDraw di Versi Lawas ada yang mengunakan sistem convert secara online, ada juga yang menseting Versi CorelDraw waktu menyimpan.  contoh saya desain dengan X7 sedangkan di percetakan menggunakan x3, maka bisa dengan cara merubah versi waktu penyimpanan menjadi Corel x3.
Sekarang ada tutorial baru yang memiliki fungsi sama agar file CDR bisa di Buka di CorelDraw semua Versi tanpa harus melakukan Convert File terlebih dahulu. Anda penasaran ? berikut adalah tutorialnya :

1. buka File desain kamu terserah anda desain pakek CorelDraw Versi berapapun.
Disini saya desain dengan CorelDraw X7 saya pilih yang terbaru karena kemampuannya lebih greget dan biar dibilang kekinian. hehehe


Baca Juga

2. Gambar diatas menunjukkan hasil desain yang saya kerjakan di CorelDraw X7. Agar file Vektor yang saya simpan bisa di buka di CorelDraw 12 x3 x4 x5 x6 maka saya melakukan tahapan berikut. 


 3. Gambar diatas menunjukkan saya melakukan penyimpanan file corelDraw


  1. Saya klik Save (Ctrl+s)
  2. Dibagian Save As Type saya pilih format CMX - Corel Presentation Exchange 
  3. Kemudian Klik save


4. Perhatikan langkah dalam gambar berikut ini.
  • saya menuju file dimana saya simpan file hasil desain saya yang tadi, kemudian saya klik Kanan pilih Property
  • Dibaian General saya aktifkan Read Only, kemudian Klik Ok.



5. Langkah penyimpanan sudah selesai sekarang anda sudah bisa membuka hasil desain tersebut di CorelDraw Versi Lawas yang kamu suka.


  • Klik Open (CTRL+O)
  • Kemudian pilih file hasil desain yang berformat CMX tadi.


Dan Tara,, sekarang kamu sudah memiliki format CorelDraw yang bisa dibuka disemua Versi.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan keteman kamu ya, siap tau mereka membutuhkan.

Post a Comment

  1. tutorial CorelDrawnya benrmanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar dalam blog saya...

      Delete
  2. terima kasih. tutorial corelDrawnya bermanfaat
    ini baru namanya CDR bisa dibuka dsemua versi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan n kommentar mengenai tutorial CorelDraw kami

      Delete
  3. tutorial corelDrawnya bermanfaat
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan n kommentar mengenai tutorial CorelDraw kami

      Delete
  4. tutorial corelDrawnya bermanfaat
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. thanks for tutorial CorelDraw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan n kommentar mengenai tutorial CorelDraw kami

      Delete
  6. tutoiral CorelDraw yang saya carai-cari ini..

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. saya belum mencobanya kak. saya baru x7. tapi saya yakin, cara ini juga bisa digunakan. :)

      Delete
  8. Terima kasih banyak tutorialnya.. sanagt bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir dan berkomentar gan

      Delete
  9. Tetap bisa diedit di versi diawahnya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih bisa di Edit Kak.. Tinggal UnGroub CTRL+U

      Delete
  10. Apa cuma bisa dibuka saja tanpa bisa di edit?

    ReplyDelete
  11. makasih tutornya mas, 1 lagi blog corel sy dptkan terus berkarya sukses selalu..

    ReplyDelete
  12. I like it , sangat terbantu thank yg udh beri info , moga bisa jadi amal 😊

    ReplyDelete
  13. Tutornya keren,tp menurut Sy judulnya kurang tepat, seharusnya cara membuat agar dapat dibuka disemua versi, bukan cara membuka disemua versi karena jika file tidak berformat cmx tidak akan bisa dibuka juga. Judul yg benar ada di www.belajarcoreldraw.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah di beri masukan... kami akan banyak belajar lagi :)

      Delete
  14. Sangat berguna.. terimakasih min

    ReplyDelete
  15. terima kasih, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Ollla... kl kita dapat kiriman corel yg diatas versi yg kita pny... piye gan??? Soale gk ke baca e emailan corel dr kawan gwe..

    ReplyDelete
  17. Ollla... kl kita dapat kiriman corel yg diatas versi yg kita pny... piye gan??? Soale gk ke baca e emailan corel dr kawan gwe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://gurucorel.blogspot.com/2016/08/cara-buka-file-coreldrawcdr-tanpa.html

      pakek ini gan

      Delete
  18. kaloudah terlanjur .cdr nya (waktu save nya) pakai x7 gimana?

    ReplyDelete
  19. punya saya kok gabisa kak?
    saya buat pake x7 dan buka di x5 gabisa

    ReplyDelete
  20. kak, udah aku ikutin cara diatas kok filr cdr X7 dibuka di X5 kok tetep gk muncul ya? malah macet gtu, gmana itu kak?

    ReplyDelete
  21. Sangat membantu... 😇🙏 sucses pak guru.. Trimakasih 🙏🙏🙏😊

    ReplyDelete
  22. Mantap tips nya, tutorial yang hebat. terima kasih ya

    ReplyDelete
  23. Discover endless excitement and entertainment with raja567, your ultimate destination for thrilling online gaming experiences!

    Explore the world of online gaming with rajbet567, where excitement and endless possibilities await!

    Immerse yourself in the excitement of online gaming with raj 567, your ultimate destination for thrilling entertainment!

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dengan Baik :)

Powered by Blogger.